Kesan Mendalam tentang Veronica Guerin

Dunia Jurnalistik bukanlah dunia yang mudah untuk dijalankan. Di dalamnya terdapat tanggung jawab profesi kepada masyarakat sekaligus bahaya-bahaya yang mengincarnya. Disana seorang jurnalis sejati akan menjamah dunia fakta yang penuh tantangan berbahaya demi sebuah kenyataan yang harus diungkapakan pada masyarakat.

Indonesiatercatat sebagai negara dengan tingkat kematian wartawan paling tinggi (tanpa melihat sisi geografis). Anehnya negera ini dianggap sebagai negara yang sukses menerapkan demokrasi. Memang terkesan ngawur, tetapi itulah kenyataan saat ini, kita lebih banyak main teori dan sepenuhnya mengesampingkan praktek. Sehingga keagungan   demokrasi yang kian menguap jenuh menutupi kenyataan bahwa pilar ke-empat demokrasi, yakni pers, sudah retak sejak satu dekade silam dan hanya sempat berjaya seumur jagung.

Selama ini, di Indonesia (sepengetahuan saya) belum pernah ada film yang berkisah tentang matinya jurnalis saat meliput berita. Karena memang pekerja jurnalis adalah orang yang memang jarang terekspos dan tidak popular. Tetapi boleh kita tengok sebuah kisah nyata tentang jurnalis wanita yang mati dimedanprofesinya. Namanya harum di negerinya, nan jauh di Eropasana, ia dikenal sebagai pahlawan.

Veronica Guerin, seorang jurnalis dan Sunday Independent, sebuah koran di Irlandia, menjadi salah satu korban dasyatnya sebuah kebenaran yang ia coba ungkapakan. Ia tidak sekedar memberikan informasi kepada masyarakat, tetapi ia juga ingin mencoba menggugah kesadaran masyarakat tentang bobroknya moral disekelilingnya. Meski ia tahu ia akan berhadapan dengan bandar besar narkoba, dia tetap maju dan pantang menyerah meski kelak nyawa taruhannya.

Veronica Guerin

Dia adalah salah satu jumalis yang layak menjadi teladan bagi jurnalis lainnya. Rasa peka terhadap lingkungan di sekitarnya menjadi teladan bagaimana seharusnya dia meliput berita. Dia iba ketika dihadapkan dengan kenyataan bahwa narkoba telah menyentuh anak-anak dibawah umur. Dan banyak membunuh remaja di gang-gang sempitkotaDublin.

Kemauannya untuk bergaul dengan semua lapisan masyarakat menjadi contoh bagaimana seorang jurnalis seharusnya bersikap dengan lingkungan sosial di sekitarnya. Dengan pelaku kriminal pun dia mau bergaul, dia mau memasuki tempat-tempat yang tabu dimasuki oleh banyak orang. Ia berani menelusuni tempat-tempat peredaran narkoba dan prostitusi, yang notabene banyak orang enggan memasukinya.

Dia menginvestigasi dunia perdagangan narkoba yang bukan berita menarik waktu itu, karena era 80-an adalah era dimana narkoba dianggap barang yang lazim dikonsumsi. Tapi ia jurnalis yang meliput sesuatu yang tidak bisa ditangkap melalui mata biasa. Seorang jurnalis yang bisa dikatakan memiliki indra keenam. Dan ia menggunakan anugrahnya untuk mencoba membuka mata masyarakat yang lain. Agar sadar akan kenyataan di sekelilingnya.

Dia juga teliti dalam mengerjakan segala sesuatu. Hal-hal detail ia perhatikan. Tidak teijebak dengan informasi palsu narasumber kepercayaannya yang telah memberikan keterangan untuk mengadu domba beberapa pihak dan menutupi bandar besar. Pada akhirnya, berkat ketelitiannya dia berhasil mengungkapkan sendiri siapa dalang besar narkoba yang memang ditutup-tutupi narasuber kepercayaannya tadi, narasumber yang temyata juga turut menginginkan kematiannya.

Sikap pantang menyerah yang dia miliki menjadi kekuatan yang layak ditiru bagi generasi pekerja jurnalistik yang lain. Sebelum mati, kaki kanannya pernah ditembak, dipukuli hingga babak belur, juga keluarganya kerap mempemleh teror dan ancaman. Tetapi dia panmng menyerah, karena baginya fakta adalah segala-galanya, mekipun ribuan poundsterling juga telah ditawarkan kepadanya untuk menghentikan investigasinya.

Veronica adalah sosok jumalis yang sempurna keberanian, ketelitian, keuletan, pantang menyerah, dan semangat yang dasyat menjadi contoh bagaimana seharusnya jurnalis yang idealis bekerja. Tidak takut dengan bahaya dan ancaman. Juga tidak terpesona dengan banyak uang yang ditawarkan kepadanya. Baginya, kebenaran yang harus menjadi prioritas utama. Dia adalah seorang jurnalis yang idealis sekaligus ideal untuk kita contoh tentunya.

Veronica Guerin The Movies

Sebuah kesan yang mendalam bagi seorang wanita yang rela mati di jalan yang ia anggap benar. Seorang yang bekerja bukan untuk uang, tapi untuk idealisme profesi demi kehidupan yang lebih baik.  Kisahnya dapat kita lihat dalam film yang diperankan oleh Cate Blanchate dengan apik dan sangat menggugah dan disutradarai oleh Joel Schumacer. Kisahnya bisa menjadi teladan bagi siapa saja yang ingin belajar tentang idealisme jurnalistik.   (Mustaqiim)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s